Uncategorized 

AMPI Karo Rancang “Lantik” Di Kaki Sinabung

Wakil Bupati Karo, Cory Sri Wati Sebayang (Kemeja Putih) diabadikan dengan pengurus inti DPD AMPI Karo, usai melakukan perbincangan berkaitan pelantikan. Foto / Lamhot Situmorang Pande.

METROPUBLIKA-TANAH KARO |Ketua Formatur Dewan Pimpinan Daerah Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (DPD AMPI) Kabupaten Karo, Bebas Ginting, alias Bulbes (Bulang Bebas), didampingi Sekretaris Ferry S Singarimbun, kepada sejumlah wartawan, Rabu, (14/2/2018), menyatakan pelantikannya dirancang di kaki Gunung Sinabung, Karo, Sumut.

Pengurus DPD AMPI Karo yang bakal dilantik foto bersama dengan Bupati Karo Terkelin Brahmana SH (Tengah), usai melakukan audensi soal pelantikan di lingkar sinabung. Foto /Lamhot Situmorang Pande.

Perencanaan itu dinyatakan atas musyawarah pengurus formatur DPD AMP Karo dengan seluruh rekan juang AMPI di 17 Rayon, termasuk pengurus DPD AMPI Provinsi Sumut. Sesuai kesepakatan, pelantikan pengurus DPD AMPI Kabupaten Karo Periode 2017-2022, direncanakan pada Hari, Senin, 12 Maret 2018, di lapangan sepak bola Tiganderket, Kec Tiganderket, Karo, Sumut, dimulai pukul 14.00 Wib.

Ketua Bulbes dan Sekretaris Ferry. Foto / Lams.

Bulbes juga menjelaskan, rencana pelantikan yang menyimbolkan bahwa seluruh kader AMPI di bumi pertiwi turut prihatin terhadap seluruh korban langsung erupsi gunung api sinabung, terutama bagi warga terdampak erupsi sinabung, termasuk zona merah lahar dingin yakni Desa Kutambaru, Desa Perbaji termasuk Sukatendel yang belakangan ini jadi buah bibir secara tersembunyi ditengah warga.

“Penentuan hari H dan tempat prosesi pelantikan pengurus DPD AMPI Karo periode 2017-2022 ini bukan ketepatan tapi perencanaan matang. Dalam setiap musibah, menyumbang dan disumbang secara materi, saya kira merupakan sikap yang  normatif manusiawi di Indonesia bahkan seluruh dunia. Karena hal itu kita ketahui bersifat habis dan selanjutnya berharap lagi agar mendapatkan perhatian.

Dalam konteks ini, kita berencana membuka paradigma baru yang seutuhnya telah tertuang dalam aturan dan perundang undangan berlaku. Namanya ‘Bulang sudah bangun’, jadi jangan salah persepsi dulu, saya bangun bukan ingin mengulangi masa-masa seperti dulu yang jadi perhatian karena barangkali berkesan khusus. Tapi istilah ‘Bangun’ dalam kepemudaan saat ini, ingin mengingatkan dengan memperhatikan.

Artinya, membuat suatu tindakan positif yang sifatnya tidak memberatkan bagi pihak berkompeten, dalam hal ini pihak pemerintah dan pemerintah daerah, sehingga menjadi refrensi guna mengingatkan hal-hal yang terlupakan. Justru itu, kita membuat acara pelantikan ini menjadi moment komunikasi langsung dengan para warga atau pihak perwakilan terdampak erupsi gunung sinabung, ujar Bulang Bebas.

Lanjutnya, Bulbes menyatakan dengan konsep kontak langsung itu, melalui perencanaan sosial yang bakal diterapkannya, pihaknya dapat mengetahui apa sesungguhnya yang dialami warga terdampak erupsi dan apa kehendaknya yang sifatnya menjadi benteng pertahanan hidup di kaki gunung yang tengah erupsi berkesinambungan. Jika dari sektor ekonomi sudah mapan atau belum, katanya lagi, langkah apa yang dibutuhkan.

Masih kata Bulang, jika ekonominya sudah mapan, bagaimana dengan kesehatannya dan bagaimana langkah kita dalam menyikapi tanpa harus menggunakan banyak materi.Bulbes juga menjelaskan,bahwa dalam penanggulangan kebencanaan tidak segampang yang kita pikirkan. Beliau juga mencontohkan, bahwa tatanan dalam butir-butir peraturan menganut metode pemerataan, sementara fakta lapangan “Multi Kemauan”.

“Nah, momen ini kita sempatkan sebagai mewujudnyata peran penting seluruh elemen khususnya Kepemudaan, dalam menyikapi suatu problem bangsa dalam negara. Dalam mensukseskan rencana ini, kita sudah melakukan audensi kepada Bupati dan Wakil Bupati Karo, Bapak Terkelin Brahmana SH dan Ibu Cory Sri Waty Sebayang, pada bulan lalu, tepatnya, Selasa, (30/1/2018), di Kantor Bupati Karo, Jln Jamin Ginting Kabanjahe dan direspon positif,” tutup Bebas Gintings.

Menindaklanjuti pernyataan Ketua Formatur DPD AMPI Kab Karo, Sekretaris Formatur DPD AMPI Karo, Ferry Singarimbun, ketika disambangi sejumlah wartawan termasuk kru Metropublika, Rabu, (14/2/2018), di Kabanjahe, mengamini seluruh penjelasan pimpinannya terkait rencana hari H dan tempat pelantikan serta tujuannya.

Ferry menambahkan,  rencana prosesi pelantikan tersebut merupakan tindak lanjut Musda DPD AMPI Karo ke VIII, pada waktu tiga bulan lalu, tepatnya, Minggu, 15 Oktober 2017 yang berlandaskan Surat Keputusan Nomor : KEP-I/AMPI-Kab.Tanah Karo/X/2017, dan merujuk Surat Keputusan Nomor : KEP-XI/MUSDA/AMPI-KAB.TANAH KARO/X/2017, hingga terbentuk dan ditetapkan pengurus Tim Formatur oleh Ketua DPD AMPI Provinsi Sumut, Faisal Fajar,SE.

BACA JUGA Ya OM…….. Klik di —–>>> MUSDA, BULBES DIPERCAYAI PIMPIN AMPI KARO

Sesuai perencanaan, kata Ferry, pelantikan seluruh pengurus DPD AMPI Karo periode 2017-2022 langsung disikapi oleh Ketua DPD AMPI Provinsu Sumut Faisal Fajar SE, yang merupakan anggota DPRD Sumut. Usai prosesi inti, acara selanjutnya diisi rangkaian sosial berupa penyerahan bingkisan terhadap warga terdampak erupsi gunung sinabung, diawali oleh Ketua DPD AMPI Sumut beserta rombongan dan dilanjutkan seluruh pengurus AMPI Karo yang baru dilantik.

BACA JUGA Klik di —>> SIKAP KEBERSAMAAN DIHARAP DALAM KARYA NYATA AMPI

Selain kegiatan sosial berupa penyerahan bingkisan, ketus Ferry S, kita juga telah membingkai konsep sosial jenis tindakan penanganan kesehatan warga terdampak gunung api beraktifitas tinggi, (Erupsi-Red), melalui metode “Cek Kesehatan Warga” yang bakal disikapi para Tim Ahli dari luar negeri yang telah profesional dalam bidangnya. Hal ini direncanakan atas adanya kerjasama positif dengan pihak Kemenkes luar negeri.

Masih menurut figur Manager Sosial di LSM Kemliau Cahaya Bangsa Indonesia Kab Karo dan jajaran Kordinator Wilayah Bidang Kesehatan Provinsi Sumut dan Aceh itu, sesuai komitmennya dengan pihak Kementerian Kesehatan salah satu negara luar tersebut, metode sosial sektor kesehatan untuk warga khusus warga terdampak sinabung akan dilakukan secara berkesinambungan.

“Berketepatan Ketua DPD AMPI Karo Bulang Bebas Gintings dan saya sendiri selaku Sekretrais AMPI Karo, satu wadah di Lembaga Sosial (LSM KCBI). Beliau selaku Penasihat Utama dan saya sendiri sebagai Manager Sosial serta masuk dalam jaringan kordinator wilayah Sumut dan Aceh membidangi Kesehatan. Jadi, berkat adanya tali persahabatan yang harmonis dengan pihak tertentu, sehingga Alloh SWT menunjukkan jalan. Ini pantas kita syukuri,” tutup Ferry.

Sementara itu, dalam pelaksanaan pelantikan DPD AMPI Karo nantinya, bakal dikoordinir oleh sosok-sosok berpengalaman dalam organisasi. Kepanitiaan yang sebelumnya dikukuhkan masing-masing, Dion Pinem sebagai Ketua Panitia, Ricky R Surbakti sebagai Sekretaris dan sebagai Bendahara disikapi Triputraksi Gintings alias Negro.

Ketua Panitia Dion Pinem didampingi Sekretaris Ricky R Surbakti dan Negro Gintings, saat ditemui wartawan, Rabu, (14/2/2018), sekira pukul 17.00 Wib, di Sekretariat Kepanitiaan Gg. Pendidikan Kabanjahe, mengamini rangkaian rencana pelantikan akan diwarnai aksi sosial khusus sebagaimana penjelasan Ketua dan Sekretaris Formatur DPD AMPI Karo. Para panitia mengaku telah siap menyukseskan acara tersebut. (Red-01-LAMS/Johayanda S).

Related posts

Leave a Comment