Kesehatan 

Balai Pengobatan Poltekkes Kemenkes Medan Adakan Sosialisasi

METROPUBLIKA-TANAH KARO | Balai Pengobatan Poltekkes Kemenkes Medan bekerjasama dengan BPJS Unit Kabanjahe melaksanakan sosialisasi bertempat di Gedung Aula Poltekkes jurusan kesehatan lingkungan, Jalan Sanotorium, Simpang Enam Kabanjahe, Kabupaten Karo, Rabu 12/10/2016.

Acara sosialisasi tersebut turut di hadiri oleh Bapak Ketua jurusan kesehatan lingkungan Erba Kalto Manik SKM,M.Sc, Koordinator Kemahasiswaan ibu Risnawati Pakpahan SKM,M.Kes  serta mahasiswa/i Poltekkes jurusan kesehatan lingkungan dan Balai Pengobatan (BP) Poltekkes Kemenkes Medan di wakili ibu Sartini Bangun M.Kes dan Dr. Lestari Rahmah MKT selaku pengelola Balai Pengobatan Poltekkes Medan.

“Balai pengobatan ini sudah mulai beroprasi pada tahun 2014 dan mulai berkembang pada awal januari tahun 2016 dan mulai bekerja sama dengan pihak BPJS. Dimana kerja sama ini guna mempermudah khususnya warga Poltekkes Medan (pegawai dan mahasiswa) untuk mendaftarkan diri dalam BPJS.

Harapan kita, kiranya dengan adanya balai pengobatan ini dapat menjadi wadah dan wahana praktik bagi mahasiswa dan dengan bekerjasama dengan BPJS kiranya dapat membantu menaikkan taraf kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia khususnya bagi warga poltekkes medan,” ujar Dr Lestari.

Selain itu dikatakannya, bagi warga poltekkes yang belum mendaftarkan diri dalam BPJS. Maka diharapkan pihak BPJS dapat memberi kemudahan dengan ketentuan “bisa mendaftarkan 1 orang (diri sendiri) tanpa harus mengikut sertakan seluruh keluaraga, karena sebelumnya BPJS telah mencanangkan persyaratan bahwa untuk mendaftar BPJS harus mendaftarkan seluruh anggota yang ada dalam kartu keluarga (KK).

Kali ini pihak BPJS yang di wakili oleh Surya Batara Sakti dan Tiara Ramadhani selaku bagian pemasaran BPJS menjelaskan “Bentuk kerja sama ini sangat baik karena sesuai dengan UU yang telah ada bahwa setiap warga Negara Indonesia harus memiliki jaminan kesehatan dan dengan adanya kerja sama ini sangat membantu bagi kita yang belum mendafaftarkan diri dalam jaminan kesehatan yang saaat ini di namakan BPJS,” ungkapnya.

Antusiasme mahasiswa/i perihal pentingnya BPJS bagi mereka dan mempertanyakan apa saja persyaratan yang harus di penuhi, terlebih bagi mahasiswa yang jauh dari keluarga tinggal di kampung.

“Pendaftaran BPJS secara koleftif  dengan memenuhi persyaratan membawa foto copy KK dan KTP. Khususnya bagi mahasiswa yang berjauhan dengan keluarga, disarankan untuk meminta Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada pada KK kepada orang tua kita masing-masing agar dapat mendaftarkan diri di BPJS,”terang Dr Tiara.

Melalui kerja sama BPJS dan pihak Poltekkes Kemenkes Medan khususnya Balai Pengobatan Poltekkes memberikan pelayanan BPJS kelas III dengan biaya iuran Rp:25.500/bulan bagi setiap mahasiswa dan pembayaran iuran dapat dilakukan melalui Poltekkes Medan. (wahyu/chairunnisa dwi kusuma)

Related posts

Leave a Comment